HIMA ENERGI

by | May 16, 2019

Himpunan Mahasiswa Sistem Pembangkit Energi Politeknik Elektronika Negeri Surabaya atau yang lebih dikenal sebagai HIMA ENERGI PENS merupakan sebuah organisasi kemahasiswaan di tingkat program studi yang berdiri di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya tepatnya pada Program Studi D4 Sistem Pembangkit Energi. Prodi ini sendiri didirikan pada tahun 2011, yang menjadikan mahasiswa SPE angkatan pertama menjadi mahasiswa baru dengan program studi yang baru juga dalam lingkungan kampus PENS, dan tentunya di lingkup KM PENS-ITS. Hal ini menimbulkan sebuah pertanyaan baru, bagaimana dengan proses pengembangan mahasiswa baru ini, dikarenakan dari segi keprofesian Program Studi Teknik Elektro Industri paling mendekati dengan Program Studi Sistem Pembangkit Energi maka diputuskan bahwa mahasiswa SPE dinaungi oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Eletro Industri (HIMA ELIN).

Bertepatan pada tahun 2012 diadakan pergantian sistem didalam manajemen kampus dengan munculnya departemen-departemen yang menaungi program studi. Dengan pertimbangan kesesuaian secara materi pendidikan maka diputuskan program studi Sistem Pembangkit Energi dan program studi Teknik Mekatronika berada dalam satu naungan departemen yaitu Departemen Teknik Mekanika dan Energi, sehingga pengembangan kemahasiswaan SPE dialihkan ke Himpunan Mahasiswa Teknik Mekatronika (HIMA MEKA).

Seiring berjalannya waktu, mahasiswa SPE mulai berkembang dan mengetahui akan ranah pengembangan yang lebih sesuai dengan keprofesiannya. Maka dari itu mahasiswa SPE mengusulkan untuk dilakukan pembentukan himpunannya sendiri. Alasan mendasar mengapa dirasa perlu adanya sebuah himpunan adalah mahasiswa SPE kurang bisa mengembangkan potensi yang sesuai dengan karakter dan corak budaya yang ada di SPE, lalu kurang adanya kesetaraan hak dalam bidang keorganisasian antara prodi yang telah memiliki himpunan dengan prodi yang belum memiliki himpunan. Hal inilah yang membuat mahasiswa SPE merasa perlu adanya sebuah himpunan untuk memperoleh kesetaraan hak yang sama dengan mahasiswa prodi lain dari segi keorganisasian.

Selama mahasiswa SPE dinaungi oleh HIMA MEKA, mahasiswa SPE menunjukkan prestasi keorganisasian yang sangat baik dilihat dari apa yang dicapai oleh angkatan 2011 hingga 2013, hal inilah yang membuat mahasiswa SPE menyimpulkan bahwa sumber daya mahasiswa yang dimiliki sudah memadai dan mampu, oleh karena itu dirasa secara kesiapan mahasiswa SPE sudah mampu menjalankan sebuah himpunan. Namun karena dari pihak HIMA MEKA merasa bahwa kesiapan dari mahasiswa SPE untuk membentuk sebuah himpunan masih kurang maka dari pihak BEM melalui Kementrian Dalam Negeri melakukan mediasi diantara kedua belah pihak. Pada akhirnya disepakati untuk membentuk Badan Semi Otonom yang lebih dikenal dengan BSO SPE yang berfungsi untuk mewadahi mahasiswa SPE dalam mengembangkan minat dan bakatnya dalam berorganisasi dan untuk mempersiapkan segala kebutuhan untuk mendirikan sebuah himpunan.

Pada akhirnya, dengan berdirinya BSO SPE mahasiswa SPE lebih aktif dalam mempersiapkan segala kebutuhan pendirian himpunan, hal ini ditandai dengan dibentuknya sebuah badan independen di dalam BSO SPE yaitu Panitia Persiapan Pendirian Himpunan (P3H). Usaha yang dilakukan diantaranya memenuhi persyaratan secara administratif untuk mendapatkan pengakuan secara de jure dari pihak manajemen kampus berupa surat keputusan direktur. Hal lainnya adalah menggalang pengakuan secara de facto dari ormawa lain yang ada di KM PENS-ITS melalui kunjungan dan forum komunikasi. Dan akhirnya setelah seluruh kelengkapan sebuah himpunan terpenuhi dan pengakuan dari seluruh elemen KM PENS-ITS telah didapatkan, tepat pada tanggal 29 Desember 2014 berdirilah secara resmi Himpunan Mahasiswa Sistem Pembangkit Energi Politeknik Elektronika Negeri Surabaya sesuai dengan SK Direktur No.4297.01/PI.14/KM/2014 yang kemudian dideklarasikan pada 12 Januari 2015. Baca Lebih Lanjut dengan Klik here

DEPARTEMEN MEKANIKA DAN ENERGI

POLITEKNIK ELEKTRONIKA NEGERI SURABAYA

Jl. Raya ITS, Sukolilo, Kota Surabaya, 60111

TENTANG KAMI

Sejarah

Fasilitas

© 2018 Politeknik Elektronika Negeri Surabaya | UPT Komputer

Translate