Sekilas Program Studi D4 Sistem Pembangkitan Energi

Sejarah pendirian Program Studi Sistem Pembangkitan Energi (SPE) PENS-ITS berawal dari keinginan untuk ikut membantu mewujudkan program pemerintah bahwa seluruh daerah di Indonesia tersaluri listrik secara merata. Seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk di Indonesia, maka keperluan akan energi listrik meningkat pesat. Sedangkan pemenuhan kebutuhan energi pada umumnya diarahkan kepada energi alternatif pengganti energi fosil yang saat ini cadangannya sudah mulai menipis. Program Studi Sistem Pembangkitan Energi merupakan pendidikan vokasi pertama yang berkonsentrasi dalam bidang energi kelistrikan dan sumber energi terbarukan (Tahun 2009 dan 2010 PENS-ITS mendapat juara pertama dalam keikutsertaan lomba-lomba dibidang effisiensi energi).
 
Program studi ini membekali mahasiswa dengan kemampuan proses pengubahan energi (konversi energi) pada umumnya, dan pengubahan menjadi energi listrik pada khususnya. Sehingga di tahun-tahun ke depan, mereka dapat menunjang program pemerintah dalam penyediaan kebutuhan energi listrik bagi masyarakat di seluruh pelosok tanah air.
 
Visi
 
Menjadi Pusat Unggulan Pendidikan Teknik Profesional Bidang Pembangkitan energi pada umumnya dan energi listrik pada khususnya yang mampu bersaing di Pasar Global.
 
Misi
 
Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas di bidang pembangkitan energi listrik untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan profesional, memiliki semangat yang terus berkembang dan berpikiran terbuka demi kemajuan teknologi nasional maupun internasional serta berwawasan lingkungan yang siap bersaing di era pasar bebas.
 
Terlibat secara aktif untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang pembangkitan energi pada umumnya dan energi listrik pada khususnya serta melaksanakan penelitian terapan. Sebagai pengabdian kepada masyarakat melalui pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pembangkitan energi listrik untuk mendukung peningkatan mutu kehidupan masyarakat.
 
Menyiapkan lulusan yang kompeten di bidang pembangkitan energi listrik dan manajemen pengoperasiannya guna menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas untuk menunjang program pemerintah dalam penyediaan kebutuhan energi listrik bagi masyarakat di seluruh pelosok tanah air.