ERSION Sabet Tiga Penghargaan pada Abu Robocon 2013

EEPIS-Online(18/8). Robot ERSION asal Indonesia harus mengakhiri perebutan posisi Grand Prix Abu Robocon 2013 pada semifinal. Punggawa ERSION harus merelakan tiket ke final kepada tim Robot Vietnam 1. Pada pertandingan sebelumnya keduanya mampu mencapai green planet. Indonesia pada detik ke-40 sedangkan Vietnam pada detik ke-39. Tidak dipungkiri tim Vietnam 1 memang terbilang cukup tangguh. 

Saat pertandingan berlangsung, kedua tim sempat melakukan retry. Vietnam1 melakukan retry selama dua kali sedangkan Indonesia satu kali. Pertandingan ini ditutup pada detik ke-69 atas Vietnam. Dwi Kurnia Basuki S.Si, M.Kom selaku tim pembina menerangkan bahwa pasca lomba tim dalam kondisi baik. Regu Vietnam pun sempat berjabat tangan setelahnya.

Dengan ini Indonesia menempati posisi 2nd runner up bersama tim Vietnam 2 pada Abu Robocon 2013. Tidak hanya itu, Indonesia juga mendapatkan beberapa penghargaan lainnya. Diantaranya Special Award dari ROHM Semiconductor Singapore dan Abu Robocon Award 2013. ABU Robocon Award merupakan penghargaan tertinggi pada ajang ini. Diberikan atas penampilan ERSION yang mampu 3 kali tembus Green Planet (GP). Dua kali melawan Iran di babak kualifikasi dan sekali melawan Fiji di babak perempat final. ERSION satu-satunya tim yang menang GP 3 kali berturut-turut.

Walaupun kecewa tak mampu mendapatkan jawara 1, namun tim tetap bangga dengan prestasi Internasional yang ditorehkan ini. "Mohon maaf mungkin belum bisa menyabet piala ABU Robocon 2013, terima kasih dukungannya, semoga kedepan bisa lebih baik," ujar Irfan Affandi selaku driver robot manual saat di wawancarai oleh Kkru Vietnam TV. 

"Terima Kasih untuk semua pihak yang telah mendukung tim Indonesia, piala ini untuk Indonesia," ujar Dr. Zainal Arief ST. MT Direktur Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.

Hal ini menjadi titik awal perjuangan untuk Indonesia. Semoga Tahun depan Indonesia dapat merebut kembali piala Abu Robocon. Sampai Jumpa pada Abu Robocon 2014 di Pune, India.(ENT/vtv)