Semarak Peringatan Hari Ulang Tahun RI

EEPIS-Online, Berbagai cara bisa dilakukan untuk memeriahkan kemerdekaan Republik Indonesia begitu juga yang dilakukan oleh PENS. hari ini sabtu (17/08) setelah dilaksanakan upacara, berbagai macam perlombaan digelar. Sejumlah pertandingan yang dilaksanakan diantaranya adalah tarik tambang, balap karung, lomba makan krupuk, balap kelereng, bakyak cepat,paku botol, dan tusuk balon. Meski diperingati dengan sederhana, pagelaran lomba yang melibatkan dosen,karyawan dan mahasiswa ini berlangsung meriah.

Lomba yang sudah umum dan berbasis masyarakat ini merupakan ajang untuk menambah semangat perjuangan warga dan mengingatkan semua pihak untuk semakin mendalami kemerdekaan, menumbuhkan rasa memiliki bangsa, menjaga budaya,menambahkah keakraban, dan menyegarkan fikiran dan situasi.

"memeriahkan dengan lomba-lomba itu di gelar juga bukti nyata untuk terus melestarikan lomba tradisional sebgai budaya dan identitas bangsa," tegas Edi Satriyanto,S.Si, M.Si selaku ketua pelaksana.

Saat pelaksanaan lomba, meski banyak yang jatuh bangun untuk menjadi pemenang hal itu tidak mengurangi keceriaan dan gelak tawa mereka, bahkan sangat antusias mengikutinya dan tak jarang berebut untuk ikut serta. "Namun sedikit disayangkan, masih banyak mahasiswa yang mungkin sedikit canggung ikut serta dalam memeriahkan" imbuh Asisten Direktur Bidang Kemitraan dan Komunikasi.

Dengan itu diharapkan pelaksanaan untuk memeriah HUT kemerdekaan RI kedepannya akan direncanakan sebagai agenda tahunan dan dibuat kepanitiaan yang melibatkan mahasiswa. Hal demikian dirasa perlu, mengingat semua komponen harus bersatu bersama sehingga tidak ada lagi jarak karena untuk memperjuangkan bangsa dilakukan dengan rasa dengan menumbuhkan rasa memiliki bukan sebuah status.

Sehingga diharapkan nantinya PENS tidak hanya dikenal tentang teknologinya namun juga karena kebangsaan dan nasionalis. Dan moment 17 agustus ini sebagai awal bagi PENS untuk lebih meningkatkan kebangsaan dan konstribusi nyata. "bangsa kita dahsyat," ujar dosen elektronika ini menutup pembicaraan.

Ungkapan rasa syukur, tumpengan dan doa bersama yang di pimpin oleh Wahid dilaksanakan sebagai penutup serangkaian lomba yang telah di gelar hari ini.(arn/nan)